Gejala Kanker Paru-Paru

Gejala Kanker Paru-Paru

Gejala Kanker Paru-Paru

Gejala Kanker Paru-Paru – Kanker paru-paru, juga dikenal sebagai karsinoma. Karsinoma paru-paru adalah tumor paru ganas yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. Jika tidak diobati, pertumbuhan ini dapat menyebar ke luar paru-paru dengan proses metastasis ke jaringan di dekatnya atau bagian lain dari tubuh. Sebagian besar kanker yang dimulai di paru-paru, yang dikenal sebagai kanker paru primer, adalah karsinoma yang berasal dari sel epitel. Jenis utama utama adalah karsinoma paru sel kecil (SCLC), dan karsinoma paru sel non-kecil (NSCLC). Gejala yang paling umum adalah batuk (termasuk batuk darah), penurunan berat badan, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala Kanker Paru-Paru

Tahukah anda bahwa angka kejadian pada tahun 2012 saja jenis kanker ini berada di posisis tertinggi sebagai penyebab kematian di dunia.

Sebagian besar (80-90%) dari kasus kanker paru-paru akibat paparan jangka panjang untuk asap tembakau. Sekitar 10-15% kasus terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.  kasus-kasus ini biasanya disebabkan oleh kombinasi faktor genetik  dan paparan gas radon,  asbes,  atau bentuk lain dari polusi udara,  termasuk perokok pasif.  kanker paru-paru dapat dilihat pada radiografi dada dan computed tomography (CT) scan. Diagnosis dipastikan dengan biopsi yang biasanya dilakukan oleh bronkoskopi atau CT-bimbingan. Gejala Kanker Paru-Paru

 

Apa Penyebab Kanker Paru-Paru ?

Sebuah tumor kanker dimulai dari satu sel yang abnormal. Diperkirakan bahwa sesuatu kerusakan atau mengubah gen tertentu dalam sel. Hal ini membuat sel abnormal dan berkembang biak di luar kendali. Faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan kanker tertentu membentuk. Gejala Kanker Paru-Paru

  • Merokok

Merokok merupakan faktor risiko utama dan merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Bahan kimia dalam asap tembakau karsinogen. Ini adalah zat yang dapat merusak sel dan menyebabkan kanker berkembang. Sekitar 9 dari 10 kasus kanker paru-paru disebabkan oleh merokok.

  • Faktor-Faktor Lain

Non-perokok memiliki risiko rendah terkena kanker paru-paru. Namun, orang yang secara teratur terpapar asap rokok orang lain (perokok pasif) memiliki peningkatan risiko kecil. Orang-orang yang bekerja dengan zat tertentu telah peningkatan risiko, terutama jika mereka juga merokok. Zat-zat ini termasuk bahan radioaktif, asbes, nikel dan krom. Orang-orang yang tinggal di daerah di mana ada tingkat tinggi radiasi latar belakang dari radon memiliki peningkatan risiko kecil. Polusi udara dapat menjadi resiko kecil juga.

 

Salah satu kasus kanker yang terus mengalami peningkatan adalah jenis kanker paru paru, yang di maksud dengan kanker paru paru itu sendiri adalah terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol yang terjadi di jaringan paru paru.

Pada dasarnya kanker adalah penyakit yang bisa di sembuhkan bila terus melakukan pengobatan apalagi sejak gejala awal dari kanker. Mungkin dengan kita tahu Gejala Kanker Paru-Paru stadium awal maka harapan hidup bagi penderita kanker paru paru akan tinggi.

 

Gejala Kanker Paru-Paru

  1. Nyeri dada

Gejala Kanker Paru-Paru ditandai dengan Nyeri dada, Hal yang perlu anda waspadai ketika anda merasakan nyeri dada yang ditimbul di bahu bahkan di punggung. Yang mana rasa nyeri dada tersebut sangatlah tajam, tumpul terjadinya terus menerus. Gejala ini adalah Gejala Kanker Paru-Paru yang umum.

  1. Mengalami batuk batuk

Gejala Kanker Paru-Paru kedua yang perlu anda berhati hati adalah ketika mengalami batuk yang mana dapat terjadi kronis melebihi 8 minggu. Gejala Kanker Paru-Paru ini juga dapat di sertai dengan batuk kering, batuk batuk ini tidak berhenti meskipun telah mengkonsumsi obat, untuk itu berhati hatilah. Perhatikan juga pola batuk contoh perokok yang biasanya batuk merasa pola batuknya berubah dan mengeluarkan dahak atau bahkan darah.

  1. Merasakan nyeri tulang

Nyeri tulang yang akan dialami jika seseorang terkena kanker paru paru ini adalah pada malam hari dan hilang jika beraktifitas. Biasanya timbulnya rasa nyeri tulang ini dapat di mana saja. Nyeri pada tulang yang mana di sebabkan kanker berawal di paru dan menyebar ke tulang melalui aliran darah.

  1. Batuk yang berdarah

Gejala Kanker Paru-Paru umum ini adalah batuk yang di sertai dengan adanya darah segar atau dahak yang bercampur dengan bercak darah.

  1. Mengalami sesak napas

Waspadai bila perubahan pola napas yang mana Gejala Kanker Paru-Paru. Perasaan sesak yang di rasakan seperti sulit untuk menarik napas atau bisa juga merasakan seperti adanya yang mengecangkan saluran napas anda .

Ciri ini timbul karena masa tumor yang mendesak  saluran napas.  Jangan anggap sepele keluhan sesak napas yang timbul setelah beraktiftas fisik, melakukan pekerjaan rumah tangga atau atau bahkan setelah melakukan pekerja yang ringan sekalipun.

  1. Gejala Kanker Paru-Paru Mengi

Bila anda mengalami suara mengi yang mana meyertai anda ketika mengeluarkan napas. Waspadailah bisa saja itu Gejala Kanker Paru-Paru dan bukan asma.

  1. Mengalami perubahan suara menjadi serak dan kasar

Bila ada sel kanker pada paru paru maka bisa membuat tertekannya saraf yang mana fungsinya untuk berbicara  sehingga membuat suara berubah menjadi serak.

  1. Mengalami penurunan berat badan

Waspadai bila anda mengalami penurunan berat badan padahal anda tidak sedang diet. Karena perlu anda ketahui bahwa kanker paru paru ini mempunyai Gejala Kanker Paru-Paru khas yaitu mengalami penurunan berat badan

  1. Sakit kepala

Orang yang terkena Gejala Kanker Paru-Paru juga akan merasakan sakit kepala, rasa sakit di bagain kepala ini terjadi kanker sel kanker paru paru telah menyebar ke otak.

  1. Merasakan cepat lelah

Perlu berhati hati jika anda merasa lelah padahal akan tidak melakukan aktifitas fisik mungkin hal tersebut bisa jadi Gejala Kanker Paru-Paru. Tubuh terasa lemas, lelah dan tidak bertenaga, padahal anda selalu beristirahat

Sangat di sayangkan stadium awal dari kanker paru paru  ini tidak memberikan Gejala Kanker Paru-Paru yang gamlang atau jelas. Maka berhati hati lah.

 

 

Gejala Kanker Paru-Paru

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*