Gejala Kanker Ovarium Stadium Awal

Gejala Kanker Ovarium Stadium Awal

 

Gejala Kanker Ovarium Stadium AwalGejala Kanker Ovarium – Kanker Ovarium sebagian besar berbentuk tumor kistik (kista ovarium) dan sebagian kecil berbentuk tumor padat. Kebanyakan wanita dengan kanker ovarium tidak menimbulkan gejala dalam waktu yang lama. Bila gejala umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik pada stadium awal dapat berupa ganguan haid. Jika tumor sudah menekan rectum atau kandung kemih mungkin terjadi konstipasi atau sering berkemih. Dapat juga terjadi peregangan atau penekanan daerah panggul yang menyebabkan nyeri spontan atau nyeri pada saat bersenggama.

Kanker ovarium merupakan sebuah penyakit di mana ovarium yang dimiliki wanita memiliki perkembangan sel-sel abnormal. Secara umum, penyakit kanker ovarium merupakan suatu bentuk kanker yang menyerang ovarium. Kanker ini bisa berkembang sangat cepat, bahkan, dari stadium awal hingga stadium lanjut bisa terjadi hanya dalam satu tahun saja. Penyakit kanker ovarium merupakan suatu proses lebih lanjut dari suatu tumor malignan di ovarium. Tumor malignan sendiri merupakan suatu bentuk perkembangan sel-sel yang tidak terkontrol sehingga berpotensi menjadi kanker.

Gejala kanker ovarium ditandai dengan perut kembung. Perut Anda akan terlihat dan terasa membesar atau kembung padahal belum makan dan minum yang banyak. Memang, perut kembung tidak menandakan Anda otomatis memiliki kanker ovarium, tetapi jika terus berlanjut untuk waktu yang lama lebih baik memeriksakannya. Gejala kanker ovarium tidak hanya perut kembung berkepanjangan, tetapi rasa sakit dan terus-menerus pada panggul juga bisa menjadi pertanda Anda memiliki kanker ovarium. Selain itu, rasa nyeri dan sakit pada daerah perut yang berlangsung terus-menerus juga bisa menjadi gejala kanker ovarium.

Merasa kenyang meskipun hanya makan sangat sedikit bisa jadi gejala kanker ovarium. Jika Anda hanya mengonsumsi sedikit makanan membuat Anda kenyang, maka harus melakukan uji untuk kanker ovarium. Memang hal tersebut bisa saja karena faktor lain, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksakannya agar lebih aman. Buang air kecil lebih sering, lebih dari tiga atau empat kali dalam satu jam juga bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah dengan ovarium Anda.

Perdarahan vagina abnormal juga bisa menjadi salah satu gejala kanker ovarium. Hal ini gejala yang kurang umum, tetapi mungkin dapat menjadi pertanda ada pertumbuhan kanker dalam ovarium. Selain itu, perdarahan pascamenopause dan perdarahan rektum juga gejala kanker ovarium. Ketika gejala – gejala kanker ovarium ini bertahan selama lebih dari sebulan, maka Anda harus pergi memeriksakannya ke dokter kandungan.

Selain gejala kanker ovarium diatas, gejala kanker ovarium lainnya adalah sakit punggung, kelelahan, dan sembelit. Sakit pada punggung dan sering merasa kelelahan memang bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lain dalam tubuh Anda, tetapi ini juga bisa menjadi gejala kanker ovarium. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk diuji dan memastikannya.

Lakukan pemeriksaan rutin untuk menekan resiko kanker ovarium. Wanita bisa melakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur atau USG dapat mendeteksi berbagai penyakit ovarium, pengobatan dini dapat mencegah kista ovarium dan lesi lainnya terjadi,yang dapat menyebabkan kanker ovarium. Terutama pada wanita di atas 45 tahun, dianjurkan untuk 3 sampai 6 bulan sekali melakukan pemeriksaan ginekologi atau USG untuk deteksi dini kanker ovarium.

Selain itu, bisa juga lakukan pemeriksaan terhadap kondisi diri sendiri yang juga membantu mencegah kanker ovarium, jika ada kembung, nyeri perut, perdarahan vagina dan gejala lain, segera lakukan pengobatan tepat waktu, dan harus perhatikan perbedaan dengan penyakit lain untuk menghindari misdiagnosis. Dalam pemeriksaan ginekologi, ditemukan pembesaran ovarium, dan tidak dapat didiagnosis dengan hanya 1 pemeriksaan, Anda harus menjadwalkan tindak lanjut, yang sangat penting untuk pencegahan kanker ovarium.

Gejala Kanker Ovarium Stadium Awal

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*