Gejala Kanker Otak Waspadai

Gejala Kanker Otak Waspadai

Gejala Kanker Otak – Kanker otak dan tumor otak adalah dua kondisi yang berbeda, walaupun keduanya mirip dan berkaitan. Tumor otak adalah suatu massa jaringan yang terbentuk akibat dari pertumbuhan sel-sel otak yang abnormal (tidak terkontrol). Tumor adalah istilah umum untuk jaringan yang membentuk massa abnormal. Sedangkan kanker otak adalah pertumbuhan sel-sel di otak yang abnormal atau tidak terkontrol yang bersifat ganas artinya dapat menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya.

Secara umum tumor ada 2 jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas, begitu pula dengan tumor otak ini. Tidak semua tumor otak itu ganas, dengan kata lain tumor otak ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor otak yang ganas disebut sebagai kanker otak. Kanker otak lebih cepat meluas dan menyebar dibanding tumor otak, namun keduanya sama-sama berbahaya dan memiliki gejala yang nyaris sama.

Tumor otak bisa berasal dari sel otak itu sendiri (tumor otak primer), dan dapat juga merupakan akibat kanker dari anggota tubuh lainnya yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder, kanker otak skunder).

Gejala Kanker Otak Waspadai

Gejala Kanker Otak

Gejala kanker otak umumnya tidak mudah terdeteksi karena target serangan kanker berada di otak, organ yang tidak terlihat dari luar. Meski begitu, ada beberapa indikasi yang bisa diperhatikan untuk menentukan apakah seseorang tengah mengalami gejala kanker otak atau tidak.

Beberapa gejala kanker otak yang mudah ditemui sebagai berikut:

1. Mudah Mengalami Sakit Kepala

Sakit kepala yang berkepanjangan dan datang berulang-ulang bisa menjadi gejala kanker otak.

2. Mudah Mual

Sering mual juga bisa menjadi gejala kanker otak.

3. Tubuh Lemas

Penderita kanker otak biasanya mengalami tubuh lemas. Untuk itu, jika tubuh mudah lemas meski tidak mengerjakan pekerjaan berat, hal ini perlu diwaspadai.

4. Sulit Berjalan

Pengidap kanker otak juga akan mengalami kondisi sulit berjalan. Tiap akan berjalan rasanya sempoyongan. Gejala kanker otak ini disebabkan karena pengontrol aktivitas tubuh dalam otak terganggu oleh kehadiran sel-sel kanker.

5. Sulit Mendengar Dan Melihat

Terjadi perubahan juga dalam indra pendengaran dan penglihatan. Penderita akan mengalami penurunan daya dengar dan daya lihat. Gejala kanker otak ini akan bertambah parah seiring dengan bertambah parahnya sel-sel kanker mengerogoti otak.

6. Mati Rasa Di Kaki Dan Tangan

Gejala kanker otak juga ditandai dengan terjadinya mati rasa pada kaki dan tangan. Kedua organ tersebut mengalami gangguan karena saraf pusatnya juga tengah diganggu oleh sel kanker.

7. Sulit Berkonsentrasi

Serangan pada otak membuat penderita juga mengalami kesulitan berkonsentrasi. Ini akan membuat penderita sulit untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik karena hilangnya konsentrasi.

8. Menurunnya Daya Ingat Dan Respon

Penderita kanker otak otomatis juga akan mengalami penurunan daya ingat serta respon tubuh. Hal ini dipengaruhi bermasalahnya organ otak yang mulai “dikuasai” sel kanker.

9. Menurunnya Daya Penciuman

Selain indra pendengaran dan penglihatan yang menurun, gejala kanker otak juga terlihat pada menurunnya daya penciuman. Penderita sulit mempertahankan daya penciuman seperti sebelumnya.

10. Lumpuh Pada Sebagian Wajah Atau Badan

Padakondisi tertentu, penderita juga bisa mengalami kelumpuhan pada sebagian wajah atau sebagian tubuhnya. Ini menandakan bahwa salah satu otaktengahmengalami serangan hebat dari sel kanker.

11. Kantuk Yang Berkepanjangan

Ini juga bisa menjadi gejala kanker otak. Orang yang mengalami kantuk yang berkepanjangan, meski sudah cukup tidur, bisa menjadi indikasi ada sesuatu yang tidak normal pada otak.

12. Berhentinya Haid Secara Tidak Normal

Bagi wanita, berhentinya haid secara tidak normal juga perlu diwaspadai. Sebab bisa jadi hal itu menunjukkan terjadinya gejala kanker otak atau bisa jadi jenis kanker lainnya.

Pengobatan Kanker Otak Dan Tumor Otak

Tumor otak terbagi menjadi dua, yaitu tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang berasal dari dalam otak itu sendiri. Pada tumor otak primer ganas, terdapat tiga faktor utama yang bisa memengaruhi hasil pengobatan yang dilakukan:

  • Tipe sel otak yang menjadi tumor
  • Letak tumor dalam otak
  • Kondisi kesehatan penderita saat didiagnosis dengan tumor

Penyakit ini harus ditangani secepat mungkin karena berpotensi menyebar dan merusak bagian lain dari otak dan saraf tulang belakang. Tumor biasanya dioperasi dan diusahakan untuk diangkat sepenuhnya. Proses penyembuhan bisa dilanjutkan dengan radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi keduanya. Tetapi perlu diingat bahwa kanker otak dan tumor otak yang bersifat ganas pada umumnya akan kembali.

Gejala Kanker Otak Waspadai

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*