Gejala Kanker Kolon

Gejala Kanker Kolon

Gejala Kanker Kolon masih banyak orang yang belum memahaminya, bahkan tak tahu sama sekali. Jangan anggap hal ini remeh, karena kanker ini menyerang usus.

Usus merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang berperan penting dalam proses pencernaan. Maka dari itu jangan sampai usus Anda terserang kanker yang berbahaya ini.

Satu diantara type kanker yang paling kerap ditemukan di dunia yaitu kanker Kolorektal. Apa itu kanker kolorektal ? Jawabnya, kanker kolorektal adalah kanker yang ada dan tumbuh pada bagian usus besar. Kanker kolorektal bukan hanya sebuah kanker yang dialami pria saja namun juga dialami oleh wanita .

Gejala Kanker Kolon

Gejala Kanker Kolon

Mengenal Gejala Kanker Kolon

Dikarenakan benar-benar beresiko, maka tak ada salahnya untuk memahami dan mengetahui tanda-tanda apa saja yang mencakup dan menyebabkan kanker kolorektal itu. Berikut adalah gejala kanker kolon yang perlu untuk Anda waspadai :

  • Terjadi pendarahan usus besar dan ditandai ketika keluar darah dari feses waktu sedang buang air besar
  • Biasanya perut seakan-akan terasa tetap penuh walau juga telah buang air besar.
  • Pergantian rutinitas buang air besar yang mencakup frekuensi serta kebiasaan buang air besar, contohnya diare ataupun sembelit
  • Tiba-tiba mengalami penurunan berat badan dengan tak ada alasan yang jelas
  • Mengalami rasa sakit atau perih di bagian perut ataupun punggung
  • Mengalami keadaan yang sangat lemah ataupun kelelahan

Sejumlah tanda dan gejala-gejala kanker kolon adalah adanya darah dalam kotoran, perubahan dalam pola defekasi (BAB), dan nyeri perut di sebelah bawah yang tidak hilang.

Gejala kanker kolon lainnya ambeien juga bisa menjadi tanda awal penderita kanker kolon. BAB berdarah memang tidak selalu identik dengan kanker namun jika terjadi terus-menerus, maka perlu diwaspadai sebagai gejala kanker kolon.

Jika terjadi perubahan pola buang air besar (BAB) seperti sulit BAB dan menderita diare kronis, maka seseorang harus mulai sadar untuk pergi ke dokter. Apalagi, jika muncul gejala kanker pada umumnya, seperti lemah, berat badan turun, dan menderita anemia.

Hal yang lain mungkin menjadi gejala kanker kolon dan yang sering menyiksa yaitu rasa sakit di perut, terjadi sembelit ataupun sulit untuk buang air besar ataupun terjadi rasa kembung di perut. Bila Anda telah tahu gejalanya, tidak ada salahnya untuk Anda lakukan deteksi awalan dan sudah karena sudah mengetahui maka supaya Anda bisa menghindarinya.

Sekarang saatnya Anda lebih waspada terhadap kanker, jaga kesehatan Anda baik-baik supaya bisa memanfaatkan banyak waktu did unia ini. Serta jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan keluarga Anda dan orang-orang yang Anda sayangi supaya tidak terserang penyakit semacam ini.

Penyebab gejala kanker kolon

Penyebab gejala kanker kolon ditengarai oleh berbagai hal karena penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan (perut, usus, anus, dll) tidak bisa disamakan satu sama lain karena hal itu terkait dengan pola makan dan gaya hidup yang bersangkutan.

Namun, kebanyakan kasus pada intinya adalah karena :

  1. Penumpukan tinja terlalu lama karena terjadinya konstipasi atau sembelit (sulit buang air besar/BAB)
  2. Adanya polip adenoma (polyp adenoma) yang banyak ditemukan di Usus besar, usus besar dan anal.

Pencegahan gejala kanker kolon dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, menghindari rokok dan minum alkohol secara berlebihan, melakukan olahraga secara teratur, konsumsi kalsium dan asam folat, dan segera lakukan kolonoskopi dan polipektomi pada pasien yang ditemukan adanya polip pada usus.

Kanker kolon dapat dicegah dengan mengubah kebiasaan mengkonsumsi lemak berlebihan ke amakanan yang mengandung serat tinggi. Sumber utama lemak seperti daging, telur, produk susu, saus salad, dan minyak yang digunakan dalam masakan harus dikurangi. Sebagai penyeimbangnya, buah-buahan, sayuran, dan roti gandum utuh dan sereal yang mengandung serat harus dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa serat yang tinggi di dalam makanan menyebabkan pembentukan kotoran besar yang dapat menyingkirkan karsinogen.

 

Gejala Kanker Kolon

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*