Gejala Kanker Hati Dan Penyebabnya

Gejala Kanker Hati Dan Penyebabnya

 

Gejala Kanker Hati -Kanker hati kerapkali dikaitkan dengan mereka yang kecanduan dengan minuman beralkohol, namun faktanya penyakit berbahaya ini juga dapat menyerang anak-anak. Tumor yang tumbuh dan berkembang karena pertumbuhan sel hati yang tidak biasa merupakan pemicu dari penyakit kanker.Hepatocellular carcinoma merupakan jenis penyakit kanker pada organ hati yang paling banyak menyerang kesehatan seseorang, sedangkan hepatoblastoma merupakan penyakit kanker pada organ hati yang cukup langka dan kebanyakan diderita oleh anak-anak.

Gejala Kanker Hati Dan Penyebabnya

Gejala Kanker Hati Dan Penyebabnya

Gejala Kanker Hati

Hati merupakan organ penting yang berfungsi untuk membersihkan racun, jika hati mengalami gangguan kesehatan secara otomatis akan terjadi masalah besar pada tubuh manusia. Berikut ini beberapa gejala kanker hati:

  1. Urin yang berwarna gelap gejala kanker hati. Meningkatnya kandungan bilirubin di darah yang diakibatkan oleh kanker akan diteruskan menuju urin sehingga urin yang dalam keadaan normal harusnya berwarna jernih atau kuning pucat menjadi berwarna kuning gelap maupun coklat.
  2. Ascitis merupakan cairan yang berkumpul menjadi satu di perut. Merupakan gejala kanker hati tahap awal. Perut yang kembung disertai dengan rasa mual dan pembengkakan lever mengindikasikan adanya kanker lever.
  3. Gatal-gatal gejala kanker hati. Meskipun gatal-gatal bisa disebabkan karena beberapa faktor dan termasuk gangguan kulit yang normal dan ringan, faktanya gatal-gatal merupakan tanda nyata seseorang positif mengidap kanker pada organ hati. Gatal-gatal ini disebabkan karena kenaikan bilirubin di dalam tubuh. Fungsi lever/hati yang mengalami gangguan akan meningkatkan bilirubin yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami gatal-gatal.
  4. Sakit perut gejala kanker hati. Pembengkakan serta pembesaran pada hati akan membuat perut Anda terasa sakit dan melilit. Sakit perut juga akan muncul ketika fungsi hati mengalami gangguan. Disaat Anda merasakan sakit perut yang tidak normal, segera ke rumah sakit dan periksakan diri Anda.
  5. Lever yang membengkak gejala kanker hati. Karena lever terletak di bagian perut tepatnya di sebelah kanan atas sedikit ke tengah, dapat dipastikan jika lever yang membengkak akan mengakibatkan perubahan posisi yang melebar sampai ke tengah perut. Disaat Anda merasakan sesuatu yang berbeda di daerah tersebut segera periksakan diri Anda ke dokter.
  6. Lelah gejala kanker hati. Anda yang sering merasa letih yang berkepanjangan disertai dengan beberapa gejala di atas atau perubahan fungsi lever yang mengalami penurunan, waspadalah karena bisa jadi Anda terkena penyakit kanker lever.

 

CARA MENGOBATI KANKER HATI

Ada berbagai cara pengobatan untuk penyakit kanker ini. Pengobatan ini didasarkan pada masing-masing pasien dan tingkat keparahan kanker tersebut. Hal yang perlu dipertimbangkan setiap dokter yang ingin merekomendasikan pengobatan kepada pasien adalah kebutuhan pasien dan mempertimbangkan faktor-faktor berikut seperti ukuran tumor dan lokasi, stadium kanker, keadaan umum kesehatan pasien, dan usia kanker.

Secara umun dan singkat disini ada beberapa pengobatan untuk penyakit kanker hati :

  1. Pembedahan

Untuk pembedahan ini hanya dilakukan pada kanker yang ukurannya masih kecil (tidak lebih besar dari 5 cm), terbatas pada hati, dan kanker belum menyerang pembuluh darah yang berdekatan, organ lain ataupun kelenjar getah bening.

  1. Radioterapi

Radioterapi menggunakan partikel X-ray untuk menghancurkan sel-sel penyakit kanker hati. Ada beberapa efek samping menggunakan pengobatan ini seperti kelelahan kronis, iritasi kulit, kehilangan nafsu makan dan mudah terkena infeksi. Untuk menghindarinya, anda mungkin bisa mencari cara mengobati kanker yang lebih alami dan aman.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan untuk membunuh sel-sel kanker. Jenis pengobatan melibatkan obat-obat kimia.

 

Gejala Kanker Hati Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*