Faktor Risiko Kanker Paru-Paru

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru

 

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru – Kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian akibat kanKanker Paru-Paruker pada pria dan wanita di seluruh dunia. Kanker ini termasuk kanker agresif dengan angka harapan hidup 5 tahun kurang dari 15%. Di Amerika Serikat, terdapat sekitar 200.000 kasus kanker paru-paru yang terdiagnosa setiap tahun dan 150.000 kematian.

Paparan lingkungan, terutama asap rokok dan, pada tingkat yang lebih rendah, polusi udara, asbes, dan radon adalah penyebab utama kanker paru-paru. Merokok bertanggung jawab atas lebih dari 90% kasus. – Faktor Risiko Kanker Paru-Paru

Pada stadium lanjut, kanker menyerang organ sekitarnya dan menyebar (atau “metastasis”) di tempat lain dalam tubuh. Area penyebaran termasuk otak, hati, dan tulang. – Faktor Risiko Kanker Paru-Paru

 

Ada empat jenis kanker paru-paru, yang memiliki gambaran klinis yang berbeda.

  • Karsinoma sel skuamosa merupakan jenis kanker paru-paru yang paling umum, bertanggung jawab atas 40% dari kasus. Dimulai di bagian tengah dan atas paru-paru dan umumnya tumbuh lambat.
  • Adenokarsinoma menyumbang 25% dari kasus. Biasanya terjadi pada bagian luar dari paru-paru. Jenis ini juga tumbuh lambat, tetapi mereka dapat menyebar ke luar paru-paru lebih cepat dari karsinoma sel skuamosa.
  • Karsinoma sel kecil menyumbang 20%dari kasus. Hampir semua kasus disebabkan oleh penggunaan rokok. Jenis ini bersifat agresif, tumbuh dengan cepat, dan menyebar ke luar paru-paru pada stadium awal penyakit.
  • Karsinoma sel besar menyumbang sekitar 15% dari kasus. Jenis ini juga berkembang dengan cepat dan menyebar ke luar paru-paru dengan agresif.

 

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru

Tahukah Anda bahwa gaya hidup, kebiasaan, dan lingkungan tempat tinggal dapat meningkatkan risiko terserang kanker paru-paru? Penyakit ini bukan cuman diakibatkan oleh faktor dari dalam tubuh, tapi faktor yang berasal dari luar pun sangat berperan dalam pertumbuhan sel kanker. Apa saja Faktor Risiko Kanker Paru-Paru?

Ada beberapa faktor yang meningkatkan Faktor Risiko Kanker Paru-Paru :

  1. Riwayat keluarga

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru yang pertama yaitu riwayat keluarga. Seseorang dengan riwayat keluarga mengalami kanker paru mempunyai risiko, walaupun bukan perokok. Penelitian mengungkapkan, genetik berperan dalam risiko pada keluarga dengan riwayat kanker paru yang kuat.

  1. Polusi udara

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru yang kedua yakni akibat polusi udara. Walaupun polusi udara diperkirakan hanya 5% menyebabkan kanker paru-paru, polusi yang berasal dari asap kendaraan, pabrik & industri dapat mempengaruhi paru-paru.

  1. Asbestos

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru yang lainnya akibat dari asbestos. Asbestos adalah senyawa mineral kecil menyebar ke udara yang menyebabkan sekitar 3-4% kanker paru-paru. Penelitian menemukan, pekerja asbestos (tambang mills, tekstil, pabrik) mempunyai risiko kematian kanker paru lebih besar di bandingkan pekerja industri lain. Oleh sebab itu, pakai alat pelindung diri yang selayaknya bila anda termasuk pekerja di industri yang terkait erat dengan asbestos.

  1. Perokok aktif & perokok pasif

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru yang paling tinggi menurut data WHO adalah perokok baik aktif maupun pasif. Berdasarkan data medis, ada sekitar 80%-90% kasus kanFaktor Risiko Kanker Paru-Paruker paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Tingkat risiko perokok aktif lebih tinggi daripada perokok pasif yang hanya menghirup asap rokok. Perokok pasif pula rentan terserang kanker paru-paru kalau berada di lingkungan perokok & menghirup asap rokok dalam waktu yang lama & terus-terusan. Karena asap rokok mengandung lebih dari 50 zat-zat pemicu kanker yang dapat memberi dampak secara langsung pada jaringan paru-paru.

  1. Radiasi

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru yang terakhir yaitu akibat radiasi. Salah satu jenis radiasi yang mampu menyebabkan terjadinya kanker paru-paru ialah radiasi gas radon. Radon ialah gas radioaktif yang muncul secara alami & menjadi bagian dalam udara yang kita hirup setiap harinya.

Gas radon berasal dari batuan & tanah dalam jumlah yang sangat kecil, gas radon ini dapat berpindah tempat melalui tanah. Gas ini dapat masuk kedalam rumah melalui celah-celah pondasi , pipa, saluran air atau lubang terbuka yang lain. Gas ini bia diuji dengan alat pengujian sederhana, lantaran gas radon bersifat tak kasat mata & tak berbau.

Bagi orang yang terkena radiasi gas radon secara terus-menerus & dalam jangka waktu lama akan meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru. Radiasi gas radon menjadi salah satu Faktor Risiko Kanker Paru-Paru lantaran bila dihirup, gas radon bisa merusak jaringan paru-paru secara berkala.

 

Semoga dengan mengetahui apa saja Faktor Risiko Kanker Paru-Paru di atas kita bisa lebih berhati-hati melakukan tindakan yang memungkinkan kita terkena kanker paru-paru. Sayangilah dirimu sekarang juga..

 

Faktor Risiko Kanker Paru-Paru

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*