Faktor Pemicu Kanker Usus

Faktor Pemicu Kanker Usus

Faktor Pemicu Kanker Usus

Kanker usus tentu tidak sembarang muncul dan sel-sel kanker tidak akan tumbuh tanpa adanya penyebab. Adanya sel yang ada di dalam tubuh tertentu dan terus berkembang secara tidak terkontrol adalah pemicu kanker, terutama apabila memiliki sifat yang merusak. Untuk kasus penyakit kanker usus, sel yang tumbuh itu berawal dari gumpalan sel yang terdapat pada lapisan usus bagian dalam yang kemudian menjalar dan menyebar. Tak hanya sampai di situ, sel-sel lain di dalam tubuh pun akan dihancurkan dan akhirnya menyebar ke bagian organ tubuh yang lainnya.

 

Lapisan usus sebenarnya pada dasarnya dan pada awalnya tidak menghasilkan sel-sel bersifat berbahaya dan justru sel-sel yang diproduksi akan sangat membantu dalam menjaga fungsi tubuh agar tetap normal. Hanya saja, apa yang menyebabkan kerusakan sel-sel tersebut belumlah diketahui dan apa yang memicunya bertransformasi menjadi sel kanker dengan pertumbuhan yang tidak dapat dikontrol.

 

Belum diketahuinya penyebab kanker usus secara pasti bukan lantas Anda tidak dapat mencegahnya. Beberapa di bawah ini merupakan faktor pemicu kanker usus yang membuat penderitanya semakin meningkat sehingga patut untuk mewaspadainya, antara lain:

 

  1. Radang Usus

Penyakit Crohn serta Ulcerative Colitis kerap menandai penyakit radang usus dan kondisi di mana usus mengalami peradangan juga dapat menjadi faktor pemicu kanker usus. Risiko perkembangan kanker kolorektal akhirnya menjadi meningkat oleh karena dua kondisi tersebut. Semakin besarnya kesempatan terserang kanker kolorektal ditandai dengan semakin lamanya waktu Anda menderita kondisi radang usus sehingga hal ini patut diwaspadai.

 

  1. Genetika

Dalam beberapa penelitian, para ahli menyatakan bahwa kasus kanker usus sekitar 25 % berkemungkinan disebabkan oleh adanya faktor genetik. Kaitan genetik ini cukup mengejutkan dan contoh dari penyebab genetik yang paling sering ditemukan pada kanker usus adalah HNPCC atau kanker kolorektal non-poliposis herediter dan FAP atau familial adenomatosa poliposis.

 

  1. Umur

Faktor umur bisa menjadi salah satu kemungkinan terbesar yang meningkatkan faktor pemicu kanker usus walaupun tidak secara langsung. Namun, ketika seseorang sudah menginjak usia 50 tahu ke atas, polip dimiliki oleh satu dari empat orang yang tandanya peningkatan risiko kanker pun dapat terjadi.

 

  1. Diet Berlebihan

Menurunkan berat badan agar memiliki tubuh indah dengan berat tubuh ideal memang idaman setiap wanita, maupun pria. Namun faktor pemicu kanker usus dapat meningkat ketika Anda melakukan metode diet yang kurang tepat. Nutrisi sel usus dapat terancam berkurang sehingga usus tidak lagi mendapat perlindungan dari usus dalam melawan radikal bebas.

 

  1. Merokok

Kebanyakan orang tahu bahwa merokok itu berbahaya dan kebanyakan hanya mengetahui bahwa merokok dapat memicu kanker paru-paru yang padahal juga bisa menaikkan risiko terkena kanker usus. Ratusan bahan kimia ada di dalam rokok sehingga tidak baik untuk kesehatan usus. Tubuh yang mendapatkan bahan-bahan kimia maka akan memberikan pengaruh buruk bagi pertumbuhan sel-sel yang baik, khususnya organ usus dengan fungsinya sebagai pusat masuk dan tercernanya makanan.

Menurut beberapa penelitian, sebagian besar dari orang yang menderita kanker usus mengaku bahwa mereka memiliki kebiasaan merokok alias mereka adalah perokok aktif. Menjauhi kebiasaan merokok sekitar 5 bulan saja akan membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada organ usus. Menjauhkan diri dari rokok sebagai seorang yang sudah kecanduan memang sulit, namun tidak ada yang mustahil dengan niat yang besar.

 

  1. Makanan Manis dan Berlemak

Tentu saja apa yang kita makan, bila tidak hati-hati maka akan meningkatkan risiko terkena kanker, termasuk kanker usus. Makanan jelas menjadi salah satu faktor pemicu kanker usus utama, terutama makanan tidak sehat yang dikonsumsi secara sering dan dalam kadar yang banyak. Makanan yang berlemak atau berkolesterol tinggi, makanan mengandung toksin dan karbon, serta makanan dengan lemak jenuh, kadar gula tinggi dan garam akan otomatis menaikkan risiko kerusakan usus yang bakal terjadi secara perlahan.

 

  1. Makanan Instan

Pola hidup instan rupanya termasuk di dalam faktor pemicu kanker usus, seperti misalnya mengonsumsi makanan dan minuman instan yang dapat menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya proses pengolahan makanan instan saja yang dipermasalahkan di sini, melainkan juga kemasan setiap makanan instan. Kemasan makanan yang menggunakan sterofoam, plastik, serta bahan kaleng tampak umum, namun ada zat-zat kimia berbahaya yang terkandung pada kemasan yang pada suhu panas akan otomatis bercampur dengan makanan.

 

  1. Kurang Berolahraga

Kurangnya aktivitas tubuh juga memiliki efek tinggi terhadap naiknya risiko kanker usus. Seperti yang banyak orang telah ketahui, berolahraga sama dengan menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, yang artinya juga mampu membuat sel antibodi tercipta dengan kekuatan lebih dalam melawan radikal bebas, bakteri serta virus penyebab kerusakan usus. Kegiatan olahraga yang dilakukan paling tidak satu minggu 2 kali akan membantu menghalangi masuknya segala bakteri dan virus ke dalam usus.

 

  1. Alkohol

Minuman beralkohol dikatakan baik untuk menjaga kestabilan arteri jantung asal dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan. Sementara meminum alkohol sebagai kebiasaan ditambah dengan kadar yang banyak akan membuat fungsi sel usus melemah. Terdapat senyawa bersifat kasar di dalam alkohol yang bila masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan peradangan usus, bahkan juga bisa memicu iritasi dalam.

 

Itulah sebagian dari faktor pemicu kanker usus, resiko bisa lebih tinggi jika Anda tidak membiasakan hidup sehat. Jika Anda merasakan kejanggalan dalam tubuh Anda yang Anda curigai sebagai pertanda kanker, maka pilihan terbaik yaitu dengan konsultasikan langsung dengan dokter terdekat atau terpercaya Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih….

 

 

Faktor Pemicu Kanker Usus

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*