Fakta Kanker Paru-Paru

Fakta Kanker Paru-Paru

Fakta Kanker Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ bagian dalam yang berfungsi untuk alat pernafasan pada manusia dan beberapa makhluk hidup lainnya. Pada era modern seperti saat ini nampaknya untuk memiliki paru-paru yang sehat adalah hal yang susah. Banyak polusi udara yang membuat kondisi kesehatan paru-paru lebih mudah tercemar dan berisiko terhadap penyakit kanker paru paru.  Fakta Kanker Paru-Paru

Penyakit pada paru-paru sangat beragam, mulai dari bronchitis, TBC, infeksi akut, kanker paru-paru dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dipicu oleh banyak faktor dari luar seperti pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan merokok, lingkungan yang tidak sehat dan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh organ paru-paru.   Fakta Kanker Paru-Paru

Menjaga kesehatan paru-paru sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan lingkungan sehat maka kesehatan paru-paru akan senantiasa terjaga dengan sangat baik. Berikut ini penulis akan sedikit mengulas mengenai fakta kanker paru-paru:

 

  1. Kanker Paling Mematikan

Fakta kanker paru-paru yang pertama adalah salah satu jenis kanker yang sangat mematikan dan bisa terjadi pada siapapun dari berbagai kalangan. Kematian akibat kanker paru memang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Fakta kanker paru-paru yang beredar bahwa jenis kanker yang banyak menyerang laki-laki yaitu kanker paru-paru dan kanker prostat. Sedangkan jenis kanker mematikan yang banyak menyerang wanita adalah kanker serviks dan kanker payudara.

 

  1. Kabanyakan Penderita Kanker Paru Adalah Perokok

Fakta kanker paru-paru berikutnya perokok memang sangat rentan terhadap kanker paru-paru. Zat karsinogenik yang terdapat pada rokok bisa terakumulasi didalam tubuh dan menyebabkan sel-sel kanker didalam tubuh menjadi aktif. Perokok berisiko 20 kali lipat terkena kanker paru jika dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok.

 

  1. Stadium Lanjut

Fakta kanker paru-paru ini biasanya tidak disadari sejak dini sehingga baru disadari gejalanya setelah kondisinya sudah teramat parah pada stadium lanjut. Hal inilah yang menjadi sebab mengapa angka harapan untuk hidup bagi kanker paru sangatlah tipis. Banyak pasien yang menderita penyakit kanker paru-paru sadar akan gejala yang dideritanya.

 

  1. Gejala Mirip Penyakit TB

Fakta kanker paru-paru lainnya yaitu terkadang penyakit paru atau kanker paru sering dianggap sebagai gejala peyakit TBC. Gejalanya memang mirip dan serupa berupa batuk, cepat lelah, sesak dan penurunan berat badan secara drastis. Terkadang gejala tersebut sering diabaikan oleh banyak orang sehingga mereka tidak sadar kalau terkena infeksi penyakit kanker paru-paru. Virus TBC atau Tuberculosis adalah penyakit yang biasanya menginfeksi paru-paru (bisa juga di tulang, kulit, dan lainnya), yang dapat menyerang siapa saja dan bukan merupakan penyakit turunan. Penyakit ini dapat menular melalui udara (airborne), tepatnya melalui percikan dahak yang dikeluarkan penderitanya, saat sedang batuk atau bersin namun dapat disembuhkan dengan obat anti TBC. Bakteri mikrobakterium merupakan penyebab penyakit TBC. Gejalanya, batuk lebih dari 3 minggu, demam, berkeringat di malam hari, hilang nafsu makan, dan berat badan turun. Pada beberapa kasus, penderita dapat mengalami batuk darah. Jika Anda merasakan gejala-gejala tadi, segera temui dokter.   Fakta Kanker Paru-Paru

 

  1. Kasus Kanker Terus Meningkat

Perlu Anda ketahui bahwa fakta kanker paru-paru menyebutkan ternyata kasus ini di Indonesia terus meningkat dan semakin banyak korban. Kebanyakan pasiennya adalah laki-laki dan perokok. Peningkatan tersebut diduga akibat semakin banyaknya orang yang merokok sehingga lebih mudah terkena penyakit mematikan tersebut.

 

 

Demikian fakta kanker paru-paru yang perlu Anda ketahui. Untuk menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi. Biasakan juga untuk menjaga kebugaran dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari dengan intensitas sedang.

Dengan berperilaku sehat tentunya akan membuat Anda terhindar dari risiko penyakit silent killer ini dalam waktu dekat atau di masa mendatang. Sebenarnya tidaklah sulit untuk menjaga kesehatan paru-paru. Namun seringkali kesadaran dari setiap orang akan pentingnya hidup sehat yang menjadikan semuanya terasa sangat sulit untuk dilakukan. Marilah untuk memulai hidup sehat sejak saat ini dengan muali hal-hal yang kecil secara perlahan. Kesehatan kita tanggung jawab kita dan kita lah yang akan merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat..

 

 

Fakta Kanker Paru-Paru

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*