Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara – Kanker payudara merupakan jenis lain dari kanker yang terjadi di jaringan payudara. Saat sel abnormal membagi serta tidak terkontrol makan akan menyababkan sel tersebut membentuk jaringan ekstra atau tumor jinak maupun ganas. Sel tumor ganas (kanker) bisa menyebar ke bagian jaringan tubuh terdekat serta dapat melepaskan diri dari bentuk tumor primer dan akan membentuk tumor sekunder dimanapun pada bagian tubuh.

Bagaimana cara mencegah kanker payudara ?

Berikut ini kami akan memberikan tips cara mencegah kanker payudara secara alami :

Hindari alkohol

Cara mencegah kanker payudara dengan menghindari alkohol. Penggunaan alkohol adalah yang paling mapan untuk kanker payudara. Studi Kesehatan menunjukan mengkonsumsi lebih dari satu minuman beralkohol sehari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 20-25 persen.

Berolah raga secara teratur.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Berolahraga merupakan cara mencegah kanker payudara. Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas, maka resiko kanker payudara akan berkurang. Berolah raga akan menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi resiko kanker payudara.

Berpikir positif dan tidak merokok

Cara Mencegah Kanker Payudara

Terlibat dalam perilaku menyenangkan diri secara teratur maka akan mencegah kanker payudara. Mengembangkan hubungan hangat dan saling menguntungkan dengan keluarga dan teman-teman. Dapatkan tidur yang cukup (7-8 jam per malam). Penelitian menunjukkan bahwa merokok jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara pada beberapa wanita.

Perbanyak mengkonsumsi suplemen anti-oksidan

Cara mencegah kanker payudara dengan mengkonsumsi suplemen anti oksidan. Meskipun sayur dan buah mengandung anti oksidan yang cukup banyak, mengkonsumsi suplemen anti-oksidan ternyata juga bisa meampu mencegah penyakit ini.

Konsumsi Karbohidrat sesuai porsi

Cara mencegah kanker payudara dengan mengonsumsi karbohidrat yang sesuai. Minimalkan konsumsi indeks glikemik tinggi yaitu nasi putih, kentang putih, gula dan produk produk olahan dari nasi, kentang dan gula. Makanan ini memicu perubahan hormonal yang mempromosikan pertumbuhan sel dalam jaringan payudara. Ganti ini karbonhidrat anda dengan biji-bijian dan kacang-kacangan / polong-polongan. Kacang-kacangan karena serat tinggi dan kandungan lignan terutama khusus.

Bila anda mengkonsumsi daging, jangan dimasak terlalu matang.

Cara mencegah kanker payudara -Terlepas dari lemak jenuh yang terdapat dalam daging, cara anda memasak daging akan mempengaruhi resiko kanker payudara. Daging-daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik (amino heterosiklik). Semakin lama dimasak, semakin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosiklik paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya (kulitnya) gosong dan hitam.

Perhatikan berat badan anda.

Cara mencegah kanker payudara dengan menjaga berat badan. Kenaikan berat badan setiap pon setelah usia 18 tahun akan menambah resiko kanker payudara. Ini disebabkan karena sejalan dengan bertambahnya lemak tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon pemicu kanker payudara dalam darahpun akan meningkat.

Mengkonsumsi produk kedelai

Mengkonsumsi produk kedelai secara teratur, seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Penelitian epidemiologi telah menunjukkan hubungan positif antara konsumsi kedelai dan pengurangan risiko kanker payudara.

Mengonsumsi lebih banyak serat.

Cara mencegah kanker payudara dengan mengonsumsi lebih banyak serat. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah dan sayuran juga mengandung banyak serat. Makanan berserat akan mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan berkurang.

Menyusui

Cara mencegah kanker payudara dengan menyusui. Menyusui mungkin akan sedikit menurunkan risiko, khususnya jika berlanjut untuk 18 sampai 24 bulan. Olahraga berat pada saat usia muda dapat memberikan perlindungan yang lama. Bahkan aktifitas fisik ringan pada saat dewasa dapat menurunkan risiko.

Cara Mencegah Kanker Payudara

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*